Tim Kemendag RI, Disperidag Provinsi, Kabupaten dan Kota Gelar Rakor Agenda Gernas BBI dan BWI

by -0 views
Rakor Gernas BBI yang dilaksanakan Kamis, (20/1) di Lantai III Kantor Gubernur Kepulauan Babel.

FKB News, PANGKALPINANG – Tim Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperidag) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Kabupaten dan Kota, melakukan Rapat Koordinasi (Rakor) dan diskusi terkait Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Wisata Indonesia (BWI), yang akan dilaksanakan di Provinsi Babel.

Rakor Gernas BBI yang dilaksanakan Kamis, (20/1) di Lantai III Kantor Gubernur Kepulauan Babel selain di hadiri oleh unsur Disperindag, juga di hadiri oleh Dinas Koperasi dan UMKM, Dinas Pariwisata Provinsi, Kabupaten dan Kota serta Bank Indonesia (BI) Babel.

Dalam Rakor tersebut, Septo Ketua Tim Peningkatan Produk Dalam Negeri Direkotat P3DN Kemendag RI mengatakan bahwa Povinsi Kepulauan Bangka Belitung menjadi tuan rumah Gernas BII karena mendapatkan amanat dari Kementerian Kordinator Bidang Maritim dan Investasi untuk memperomosikan produk dan wisata bangga buatan Indonesia di daerah Provinsi Babel.
“Jadi sesuai dengan penugasan tersebut, kami hari ini berkordinasi dengan pemerintah provinsi Babel dan kegiatan BBI ini menjadi agenda sejak tahun 2020 dan temanya selalu mengepaluasi,” katanya.

Rencananya, lanjut Septo kegiatan BBI di Provinsi Babel akan dilaksankan pada bulan Mei 2022, dan sebelumnya di tahun 2021 kegiatan pelaksanaan BBI dilakukan di Provinsi Jambi dalam rangka mempromosikan produk-produk unggulan dan wisata daerah tersebut begitu juga dengan kegiatan BBI di Babel.
“Respon pemerintah Kabupaten dan Kota sangat baik, begitu juga dengan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Babel, Kepala Dinas UMKM dan juga Kepala Dinas Parawisata mendukung, serta Bank Indonesia juga,” katanya.

Dirinya berharap dengan adanya Gernas BI dan BWI seluruh stakeholder dan perusahan-perusahan besar yang ada di Babel turut adiil dalam membantu menggerakan Gernas kegiatan BBI dan BWI ini.
“Berdasarkan Rakor tadi, kita merencanakan akan ada sop launching di kepulauan Bangka dan di barengi aktivfitas MoU dan acara puncaknya di bulan Mei sesuai amanat Kementerian Kordinator Bidang Maritim dan Investasi itu rencananya, ini baru rencananya sebab menggabungkan produk dan wisata, kita arah wisatanya di Kepulauan Belitung,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tarmin menjelaskan bahwa Rakor yang dilaksanakan dalam rangka persiapan pelaksanaan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan juga Bangga Wisata Indonesia tahun 2022 membahas agenda-agenda yang akan dilaksanakan di Babel.
“Kita dengarkan pemaparan dari Tim Kemendag untuk menyampaikan dan membahas agenda Gernas BBI dan BWI secara mendalam dan kita disuksikan agar lebih jelas perencanaan-prencanaan agenda tersebut,’ katanya.

Dirinya berharap kegiatan BBI dan BWI ini akan membangkitkan erkeonomian di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan berdasarkan kesepakatan sebelumnya sop openingnya akan dilaksakan di pulau Bangka dan untuk lokasinya nanti akan di bahas mendalam karena harus melihat lokasinya terlebih dahulu.
“lokasinya akan kita kerucutkan dimana nanti, sebab perlu kunjungi bersama sama, disperindag mendampingi,” tuturnya. (mislam/Red).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.