H-Lebaran, Keberadaan Ponton Apung di sekitar Dermaga Tanjung Kalian Dikuatirkan Menggangu, Ini kata GM PT ASDP

by -
Caption: Keberadaan ponton-ponton apung di sekitar perairan Dermaga Penyeberangan Ferry Tanjung Kalian Mentok dinilai mengkuatirkan. Tampak kapal Ferry sedang berlayar di depan barisan puluhan ponton apung, Senin, (17/4/2023). (Rudy).

Penulis: Rudy//Editor: Rudy

FKBnews.com, MENTOK, — Sejumlah ponton tambang timah (TI) terlihat di wilayah pelabuhan dermaga penyeberangan Tanjung Kalian, Mentok, Senin, (16/4/2023). Fenomena ini mengganggu alur pelayaran kapal terutama jenis kapal ro-ro (Ferry).

Apalagi kurang dari satu minggu, frekuensi pelayaran kapal Ferry semakin meningkat.

Pantauan Forumkeaadilanbabel.com, Senin, (17/4/2023), tampak ponton apung yang jumlahnya puluhan ini keberadaannya mewarnai perairan depan pelabuhan penyeberangan dermaga Tanjung Kalian Mentok. Ponton-ponton ini berjejer hingga membentuk satu barisan.

GM PT ASDP Mentok Christoper Samosir saat dikonfirmasi FKBnews. com membenarkan keberadaan ponton-ponton ini mengkuatir aktifitas pelayaran kapal. Sebab ponton-ponton ini tidak dilengkapi GPS.

“Sebenarnya pasti membahayakan Pak, karena belum tentu mereka dilengkapi dengan peralatan navigasi dan lainnya. Kami sampaikan kepada crew kami untuk berhati-hati, sedangkan untuk otoritas keselamatan pelayaran ada di BPTD dan KSOP Pak, ” terang Christoper.

Hingga berita ini diturunkan, Kasat Polair Bangka Barat, Iptu Sugianto belum menanggapi saat dikonfirmasi terkait keberadaan ponton-ponton yang dikuatirkan menggangu alur pelayaran kapal-kapal Ferry apalagi mendekati seminggu sebelum lebaran ini.