Wabup Syahbudin : Fan Ngin Thong Ngin Jit JHong, Etnis Tionghua dan Melayu Sama Saja

by -

FKBNews.com, BANGKA – Pepatah Tionghua mengatakan Fan Ngin Thong Ngin Jit Jhong, artinya Etnis Tionghua dan Etnis Melayu sama saja,

Demikian dikatakan Wakil Bupati Bangka Syahbudin saat membuka kegiatan festival Imleks yang dipusatkan di kawasan wisata Tong Aci di lingkungan Jalan Laut Kelurahan Matras Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka Profensi Bangka Belitung, Kamis (2/2/23).

Dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Bangka Syahbudin menyakini  kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk menggerakan ekonomi.

“Saya yakin kegiatan ini untuk mengerakkan perekonomian Bangka serta mempromosikan  sektor kepariwisataan yang saat ini mulai bangkit sehingga ada peningkatan perekonomian masyarakat,” kata Syahbudin.

“Event ini bisa berjalan baik dan lancar karena dukungan semua pihak, sehingga akan menjadi bagian dari upaya meningkatkan kemajuan kebudayaan dan pariwisata serta kebersamaan umat beragama di kabupaten Bangka,” sambungnya.

Dikatakan Syahbudin, bagi masyarakat dikabupaten  Bangka budaya Tionghoa sudah tidak asing lagi  karena hubungan keharmonisan antara masyarakat Melayu dan Etnis Tionghoa cukup akrab hidup berdampingan.

“Pepatah yang selalu dipegang masyarakat melayu dengan etnis Tionghoa adalah “Fan Ngin Thong Ngin Jit Jhong” yang artinya menggambarkan bahwa spirit kebersamaan dimana Etnis Tionghoa dan Melayu sama saja,” kata Wabup Syahbudin.

Syahbudin optimis sektor pariwisata di Kabupaten Bangka mampu bangkit kembali seperti sebelum pandemi COVID-19, hal itu nampak dari kesiapan pelaku pariwisata yang sudah berbenah.

“Saya mengajak seluruh lapisan masyarakat, swasta dan pihak terkait lain bersama-sama mendukung bangkitnya pariwisata guna kepentingan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat,” pinta Wabup Syahbudin.

Yang jelas kata Syahbudin, pemkab Bangka mengapresiasi pelaksanaan kegiatan seperti ini.

“Pemkab Bangka sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan seperti ini,kedepannya untuk dapat lebih ditingkatkan lagi sehingga  akan mengangkat budaya Bangka dan meningkatkan toleransi beragama,” demikian apresiasi Syahbudin.(bt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *