Laga Final AFF 2020, Tim Indonesia Bertemu Thailand

by -
Pemain Timnas Indonesia, Egy Maulana Vikri dan Irfan Jaya (c) AP Photo.(Bola.net)

FKB News, SINGAPURA – Timnas Indonesia dipastikan bertemu dengan Thailand pada laga final Piala AFF 2020. Thailand bukanlah negara yang asing buat Skuad Garuda, dan tentunya itu tidak berhubngan dengan fakta bahwa keduanya berasal dari Asia Tenggara.

Dilansir dari Bola.net , timnas Indonesia melaju ke final Piala AFF 2020 setelah mendepak Singapura dengan agregat 5-3. Adapun Thailand berhasil menyingkirkan Vietnam dengan agregat 2-0.

Kedua tim akan memainkan laga final yang digelar di Stadion Nasional Kallang, Singapura, pada 29 Desember 2021 dan 1 Januari 2022. Ini bakal menjadi pertemuan keempat bagi kedua tim di panggung final Piala AFF.

Timnas Indonesia sebelumnya sudah tiga kali menghadapi Thailand di pertandingan final, yaitu pada edisi 2000, 2002, dan 2016. Semua laga final yang dimainkan berakhir dengan kekalahan Timnas Indonesia.

Laga final Piala AFF 2020 tentu menjadi momentum bagi Timnas Indonesia untuk mencetak sejarah baru. Laga itu juga sekaligus menjadi kesempatan memutus dominasi Thailand atas Timnas Indonesia.

Laga diprediksi bakal berlangsung menarik karena kedua tim sama-sama punya ambisi tinggi. Thailand ingin mengincar gelar keenam di Piala AFF, sedangkan Timnas Indonesia ingin meraih gelar perdana setelah lima kali menjadi runner-up.

Hampir Juara pada 2016
Timnas Indonesia hampir menjadi juara Piala AFF pada edisi 2016. Ketika itu, skuad Merah Putih bertemu dengan Thailand pada partai puncak.

Timnas Indonesia lebih dulu menjadi tuan rumah pada leg 1 final Piala AFF 2016. Boaz Solossa dkk. ketika itu berhasil menang dengan skor 2-1.

Sayangnya, gelar yang sudah di depan mata sirna setelah Timnas Indonesia dipaksa menyerah 2-0 pada leg kedua. Thailand berhasil meraih gelar dengan keunggulan agregat 3-2 atas pasukan Alfred Riedl itu.

Final Keenam
Final Piala AFF 2020 menjadi yang keenam buat Timnas Indonesia sepanjang sejarah. Namun, tak satupun gelar yang pernah diraih pada laga final-final sebelumnya.

Timnas Indonesia sebelumnya pernah berlaga pada final Piala AFF 2000, 2002, 2004, 2010, dan 2016. Ini menjadi momentum bagi skuad Merah Putih untuk meraih gelar dan mencetak sejarah.

Namun, perjuangan yang akan dihadapi tentu tak mudah. Thailand atau Vietnam yang jadi lawan di final bakal menyajikan perlawanan yang sengit buat Asnawi Mangkualam dkk.

Sumber: bola.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *