Hajar Nepal 7-0, Indonesia Lolos ke Piala Asia 2023

by
Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023. Foto: Net.

FKB, Jakarta — Timnas Indonesia menang telak 7-0 atas Nepal pada laga terakhir Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023, Rabu (15/6/22) dini hari.

Kemenangan ini mengantarkan Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023 karena menjadi satu dari lima runner up terbaik. Skuad asuhan Shin Tae Yong lolos bersama Yordania dari Grup A yang menjadi juara grup.

Hasil ini juga membuat Timnas Indonesia kembali tampil di Piala Asia setelah menanti 15 tahun. Terakhir kali Timnas Indonesia bermain di putaran final saat menjadi tuan rumah bersama tahun 2007.

Dalam pertandingan yang sangat menentukan tiket ke Piala Asia 2023 itu, Witan Sulaeman mencetak dua gol dan sisanya dijaringkan oleh Dimas Drajad, Fachruddin Aryanto, Saddil Ramdani, Elkan Baggott, dan Marselino Ferdinan.

Kemenangan dengan skor meyakinkan ini membuat Timnas Indonesia memastikan satu tiket lewat jalur runner up terbaik di babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023. Witan dan kawan-kawan menempati posisi kedua dan hanya kalah dari Kirgistan yang menempati posisi teratas.

Timnas Indonesia terakhir kali bermain di Piala Asia tahun 2007 silam. Ketika itu, tim Garuda tampil di putaran final karena menjadi tuan rumah bersama tiga negara dari Asia Tenggara yakni Vietnam, Thailand, dan Malaysia.

Saat itu, Timnas Indonesia diarsiteki oleh pelatih asal Bulgaria, Ivan Kolev. Penampilan yang ditunjukkan Timnas Indonesia bahkan membuat suporter begitu antusias memberikan dukungan.

Timnas Indonesia mengawali laga fase grup dengan baik karena mampu mengalahkan Bahrain 2-1. Budi Sudarsono dan kawan-kawan juga hanya kalah tipis 0-1 dari Arab Saudi dan Korea Selatan.

Timnas Indonesia mengakhiri kiprah di Piala Asia 2007 dengan menempati posisi ketiga. Timnas Indonesia berada di bawah Arab Saudi dan Korsel yang melangkah ke fase selanjutnya.

Timnas Indonesia akan tampil untuk kali kelima saat bermain di Piala AFC 2023. Sebelum itu, tim Garuda sudah pernah tampil di Piala Asia tahun 1996, 2000, 2004, dan 2007 tetapi selalu terhenti di fase grup.(red).

Sumber: CNN Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.