Bupati Mulkan: Angka Stunting di Kabupaten Bangka semakin Menurun

by -

FKBNEWS.COM, BANGKA – Bupati Mulkan pimpin kegiatan evaluasi Audit Kasus Stunting yang dilangsungkan di hotel Novila Lingkungan Kampung Pasir Kelurahan Kuday Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka, Senin  (24/07/2023).

Sejumlah leading sektor hadir dalam kegiatan tersebut, untuk menekan angka stunting. Alhamdulillah angka stunting di Kabupaten Bangka semakin tahun  semakin turun dan posisi kita  saat ini di 1,26 persen yang mana pada sebelumnya berada pada angka 1.45 persen.

Demikian yang disampaikan bupati Bangka, H. Mulkan dalam pertemuan itu.

“Saya tegaskan bahwa persoalan stunting ini harus dilakukan secara kontinyu terutama mengawasi anak-anak. Apalagi seperti sekarang ini kemajuan dunia digital berkembang pesat, Sehingga kita  tidak bisa mengawasi secara ketat,” kata Mulkan.

Ditegaskan Mulkan, bahwa pihaknya sudah mencanangkan di tahun 2023 Pemkab Bangka sudah zero stunting.

” Kita patut  bersyukur walaupun tidak zero tetapi kita berada di posisi terendahlah yakni 1,26 persen dengan jumlah penduduk 320 ribu. Saya berharap  orang tua memegang peran penting dalam pemberian asupan makanan bergizi. Dengan pemberian  asupan gizi yang cukup sudah dipastikan akan menurunkan angka stunting pada anak-anak,” sebutnya.

” Selain itu orang tua juga harus mengawasi anak-anak dengan ketat, Begitu pula para suami harus peduli dengan istrinya yang lagi hamil agar memberikan asupan nutrisi tambahan. Para suami harus memperhatikan dan jangan bebankan  para istri untuk ikut serta dalam bekerja sehari-hari,” saran Mulkan.

Mulkan menegaskan yang tak kalah pentingnya memperhatikan masalah lingkungan.

” Yang tak kalah penting harus menjaga lingkungan agar tetap bersih dan sehat sehingga anak-anak kita tidak bermain di tempat yang kotor yang notebene akan menurunkan angka stunting,” tandasnya. (Tami)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *