Surat Terbuka Buat Abangda Bambang Pati Jaya, Jangan Lelah Berteriak Untuk Selamatkan SDA Bangka Belitung

by -

Penulis:
Zozy Daru
Aliansi Pemuda Peduli Babel.

Pertama, kehormatan dan kemuliaan saya haturkan kepada abangda Bambang Pati Jaya (BPJ) selaku Anggota Komisi VII DPR RI Perwakilan Bangka Belitung (Babel).

Abangda BPJ, perkenalkan saya Zozy Daru. Seorang pemuda asal Kota Sungailiat. Daerah yang sama di mana abangda juga dilahirkan dan bertumbuh kembang, sehingga kini mampu menjadi legislator pejuang yang gahar merepresentasikan aspirasi masyarakat Babel.

Abangda, sebagai pemuda yang lahir dari rahim pulau Timah ini, saya kerap memperhatikan jejak dan perjuangkan abangda di Senayan, yang selalu concern membela hak-hak rakyat Babel, khususnya terkait pengelolaan sumber daya mineral Timah, berikut kesejahteraan rakyat kita yang turut menyertainya.

Dari pemberitaan yang saya baca di berbagai media online, dalam rapat kerja dengan Menteri ESDM Arifin Tasrif, Jakarta, Rabu (24/5/2023) bulan lalu, abangda begitu getolnya melindungi harta karun sumber daya alam kita, dari upaya-upaya perampokan yang selama ini kita sama-sama ketahui berjalan dengan sangat mulus dan sistematis.

Tentunya, aksi-aksi perampokan harta karun milik rakyat Babel ini tak bisa kita biarkan dan cuma berdiri diam semata. Ada hak-hak masyarakat kita yang mesti perlu diselamatkan. Ada hak anak-anak kita sebagai generasi penerus yang pun perlu diperjuangkan.

Kendati saya dan ribuan masyarakat Babel lainnya tak mampu berbuat lebih dan berkutik melawan komplotan yang abangda sebut “bandar” itu, tapi doa, moril, dan semangat saya, dan juga dari masyarakat Babel turut menyertai langkah juang abangda BPJ.

Besar harapan saya abangda bisa membuka topeng di balik bandar yang bermain dalam produk mineral ikutan timah, yang menyebabkan pungutan yang dikenakan untuk produk-produk tersebut sangat rendah dengan tarif cuma 1%, sehingga berdampak merugikan negara, rakyat dan daerah kita pastinya.

Sudah cukup puluhan tahun kita mendera nasib atas pengelolaan sumber daya timah yang carut marut, yang bahkan tak jelas juntrungan asas manfaat pembangunannya untuk daerah kita.

Karena itu saya berharap, mohon dengan sangat untuk kawal, lindungi, dan jaga, segenap aset harta karun sumber daya alam milik rakyat kita lainnya sebagaimana yang pernah abangda paparkan di hadapan Menteri ESDM waktu lalu.

Entah itu logam tanah jarang (LTJ), Zirkon, Monasit, Eliminite atau apapun mineral ikutan Timah lainnya, saya mohon dan tundukkan diri saya sebagai anak muda yang biasa-biasa ini di hadapan abangda BPJ, tolong jaga harta karun daerah kita. Tolong lindungi kesejahteraan rakyat Babel kita, dan juga Indonesia ini dari rongrongan komplotan-komplotan perampok yang hendak mencuri sumber daya alam dari tanah dan laut kita, Babel.

Sudah saatnya kedaulatan sumber daya alam daerah kita ditegakan seutuhnya. Dikelola dan dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kepentingan negara, bangsa, dan khususnya rakyat Babel.

Dari saya, Zozy Daru, mewakili Aliansi Pemuda Peduli Babel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *