Delapan Desa Mandiri Mendapatkan Reward dari Pemkab Bangka

by -

FKBNEWS.COM, MALANG – Delapan desa mandiri yang ada di Kabupaten Bangka mendapatkan kesempatan dari pemerintah Kabupaten Bangka untuk melakukan studi banding atau kaji tiru di Desa Pujon Kidul Kecamatan Pujon Kabupaten Malang Provinsi Jawa Timur.

Pemberian kesempatan ini dilakukan untuk meningkatkan dan menghidupkan bumdes yang ada di desa yang statusnya sudah menjadi desa mandiri.

Bupati Mulkan usai mengadakan pertemuan dengan Wali Kota Malang lansung menuju desa tersebut dan mengatakan kegiatan ini untuk meningkatkan dan pemberdayaan bumdes yang ada di desa masing masing yang ada di Kabupten Bangka, Senin (29/05/2023).

” Kedatangan ke Desa Pujon Kidul Kabupaten Malang ini untuk meningkatkan sinergisitas antara pemerintah desa dan BPD, sehingga dalam membuat regulasi atau perdes yang ada di desa desa ini. Sehingga Perdes yang di buat tersebut tidak ada lagi saling mengklaim, ini prodak BPD atau Kepala Desanya. Akan tetapi ini adalah hasil peraturan desa. Sehingga sejauh mana peran BPD itu sendiri dalam pengawasan terhadap Perdes yang di hasilkan di desa tersebut,” kata Mulkan di sela kunjungannya.

Mulkan juga mencontohkan seperti saat ini pihaknya telah mengunjungi cafe sawah yang ada di Desa Pujon Kidul ini.

” Desa Pujon Kidul ini sangat luar biasa, yang mana peran pemerintah desanya telah mensuport bumdesnya sehingga mereka sudah mengembangkan berbagai usahanya yang ada di desanya. Seperti cafe sawah yang kita kunjungi saat ini dan makan di restoran yang ada di cafe ini juga sehingga desa Pujon Kidul ini bisa menyumbangkan peningkatan PAD nya untuk Kabupatennya juga,” puji Mulkan.

Mulkan berharap desa desa yang statusnya sudah di tingkatkan agar lebih kreatif lagi.

” Kita berharap agar desa desa yang statusnya sudah di tingkatkan. Mulai dari desa berkembang menjadi Desa maju dan menjadi Desa mandiri. Sehingga bisa mengali potensi yang ada di desa masing masing. Jangan sampai kita terlena dari dana transfer dari pusat saja, karena di desa masing masing kalau kita bisa banyak sekali potensi yang bisa di manfaatkan, ” harapnya.

” Untuk tingkat Desa yang ada di perkotaan seperti Desa Airuai dan Desa Karya Makmur bisa memanfaatkan sungai dan pantainya.oleh karenanya lebih banyak lagi memberdayakan UMKM nya,”  sambung Mulkan.

Mulkan kembali menegaskan, sebenarnya untuk tingkat pemasaran dari prodak tersebut tidak lah sulit.

” Sekarang inikan jamannya sudah moderen,banyak medsos dan aplikasi yang bisa di gunakan tinggal kita undang saja pejabat untuk mengendoskan prodak kita tersebut kan gampang,maka saya katakan tidak sulit untuk melakukan pemasarannya. Oleh karena itu pihak pemerintah Kabupaten Bangka memberikan riword kepada desa yang statusnya sudah menjadi desa mandiri untuk melakukan kaji banding di desa Pujon Kidul Kabupaten Malang Provinsi Jawa Timur ini,”  tandasnya. (tami).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *