Dibangun Tahun 2022, Tiga Unit Bangunan di SMP 5 Mendobarat Sudah Tampak Keretakan

by -
Bangunan UKS di SMP N5 Mendo Barat yang dibangun dari Dana DAK tahun 2022, sudah alami keretakan, Selasa (9/5/23).

FKBNEWS.COM, BANGKA – Tiga unit bangunan yang ada di SMPN 5 Mendobarat yang baru dibangun pada tahun 2022 lalu, saat ini sudah tampak ada keretakan. Diantara Pembangunan Laboratorium IPA, Laboratorium Komputer serta Pembangunan Ruang UKS.

DlAdapun dua unit bangunan tersebut menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2022 yakni laboratorium IPA dan laboratorium komputer yang dikerjakan CV.PUK dengan pagu dana 1 milyar. Sedangkan ruang UKS dengan pagu dana 250 juta dikerjakan CV.AP. Semuanya beralamatkan di Sungailiat Kabupaten Bangka.

Dari pantauan di lapangan, Selasa (9/05/2023) tampak beberapa titik beton dinding mulai alami keretakan, kendati sudah dipoles dan dicat ulang, keretakan masih tetap terlihat.

Salah satu bagian dinding bangunan yang terlihat retak memanjang, Selasa (9/5/23).

Menurut Sulaiman, salah satu orang tua siswa di SMP itu turut menyesalkan hasil pekerjaan proyek pembangunan tersebut.

“Pada prinsipnya kami selaku orang tua murid sebenarnya sangat bersterimakasih kepada dinas pendidikan atas pembangunan sarana dan prasarana di sekolah SMP tersebut. Namun yang sangat dusayangkan, bangunan yang begitu megah dan menghabiskan uang negara (pemerintah) yang tidak sedikit tapi kualitasnya tidak memuaskan. Lihat saja di beberapa bagian sudah mengalami keretakan dari ketiga bangunan tersebut,” sesal Sulaiman.

Di tempat terpisah, Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Bangka yang membidangi pendidikan, Muhammad Ali mengatakan akan berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan terkait permasalahan tersebut.

“Terimakasih atas informasi dan masukan yang diberikan. Nanti kami dari Komisi 1 akan berkomunikasi dengan Dinas pendidikan terkait permasalahan tersebut,” janji Muhammad Ali.

Sementara Yudi Aprizal  selaku PPK kegiatan DAK tahun 2022 ketika dikonfirmasi wartawan melalui pesan Whats App terkait keretakan pada bangunan laboratorium dan UKS pada SMPN 5 Mendobarat hingga berita ini diturunkan belum ada tanggapannya dan masih diupayakan untuk konfirmasi.(tami)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *