Pengiriman Lebih Mudah, UMKM Babel _Go Internasional_

by -
Gubernur Erzaldi menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) terkait upaya memajukan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bersama PT Pos Indonesia di Tins Gallery & Boutique Resto, Taman Sari, Pangkalpinang, Selasa (14/12/2021).

FKB News PANGKALPINANG – Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) terkait upaya memajukan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bersama PT Pos Indonesia di Tins Gallery & Boutique Resto, Taman Sari, Pangkalpinang, Selasa (14/12/2021).

Dalam suasana obrolan santai kekeluargaan, Gubernur Erzaldi hadir bersama Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Babel, Melati Erzaldi dan mengatakan bahwa kesepakatan ini bertujuan untuk menjalin kerja sama dalam membantu para pelaku UMKM di Babel untuk mendistribusikan hasil produknya. Sehingga mendapat kemudahan untuk menjual produk di luar Babel.

Sebagaimana diketahui, PT Pos Indonesia adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa kurir, logistik, dan transaksi keuangan. Selama ini PT Pos Indonesia Cabang Pangkalpinang telah membantu dalam memasarkan produk UMKM Babel ke luar daerah.

“Dengan adanya MoU ini, PT Pos Indonesia akan berinovasi dalam memberikan kemudahan bagi para UMKM memasarkan produknya,” ungkap Gubernur Erzaldi.

Menariknya, kini PT Pos Indonesia juga menggandeng aplikasi Walan. Walan merupakan aplikasi pesan antar lokal Babel yang sebelumnya transformasi dari aplikasi Go-Anter. Gubernur Erzaldi pun merasa bangga dengan adanya walan sebagai aplikasi _e-commerce _untuk mendistribusi produk UMKM di skala lokal.

Kepala Cabang PT Pos Indonesia Cabang Pangkalpinang, Azmat Nuzul Paza mengatakan bahwa kerja sama ini adalah angin segar yang membawa efek baik untuk kemajuan UMKM Babel, seperti ekspor produk-produk yang secara bertahap dikirim ke luar negeri.

“2 minggu lalu kita sudah berhasil mengirimkan 300kg lada ke Kanada, dan selanjutnya kita akan mengirimkan sampel 35kg lada ke Sevilla, Spanyol,” ungkapnya.

Dirinya berharap, adanya kerja sama ini dapat meningkatkan pendapatan masyarakat, dengan memberikan rate khusus di tarif pengiriman. Sehingga _margin_ yang didapat akan lebih banyak dari sebelumnya.

Gubernur Erzaldi juga mengatakan, dirinya bersama Ketua _Indonesian Council Small Business_ (ICSB) Babel, Melati Erzaldi akan mengemas dan mempromosikan salah satu produk dari Kabupaten Bangka Barat, yaitu pempek udang. Produk ini akan diperkenalkan lebih dahulu dengan bebas biaya ongkos kirim. (Ikp)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *