83 Ribu Kota, 8 Ribu Gerai, 50 Ribu Karyawan, JNE Jadi Salah Satu Perusahaan Ekspedisi Barang Terbesar di Indonesia

by -
Foto: Ilustrasi

Penulis: Rudy

FKBNews.com, MENTOK, — Hadirnya layanan jasa ekspedisi barang menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kebutuhan dan gaya hidup masyarakat saat ini. PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir atau biasa dikenal dengan JNE membuktikan itu, setelah 33 tahun melayani masyarakat tanah air, kini mampu membuka area distribusi di 83.000 kota dengan gerai penjualan berjumlah 8.000 titik serta mempekerjakan lebih dari 50.000 karyawan di seluruh Indonesia.

Pencapaian ini menjadikan JNE menjadi salah satu perusahaan ekspedisi barang terbesar di Indonesia yang kini diperhitungkan.
Tak terkecuali, kabupaten, desa dan pulau terluar di wilayah Indonesia semuanya dijangkau dengan tetap mengedepankan pelayanan prima. Berbekal nilai-nilai yang ditanamkan perusahaan kepada pribadi masing-masing karyawan yakni; jujur, disiplin serta tanggung jawab, JNE mendapat kepercayaan di hati masyarakat Indonesia saat ini.

“Bu ada paket dari JNE, ” ujar seorang tetangga di Kampung Air Samak, Mentok Kabupaten Bangka Barat minggu lalu, meneriaki tetangga sebelah rumahnya yang juga si pemilik pesanan begitu kurir tiba di rumah membawakan barang kiriman. Tak peduli paket kiriman tersebut berasal dari jasa perusahaan yang mana, namun masyarakat seolah sudah terlanjur akrab, setiap paket yang datang dibawakan abang Kurir pasti diteriaki dari JNE. Forumkeadilanbabel (FKBNews.com), berkesempatan menyaksikan momen spontan tersebut.

“Biasanya kalau ada titipan dari JNE, kurirnya WA (WhattsApp, red) kita dulu ada nggak di rumah, baru kemudian mereka ke rumah. Barangnya pun setelah sampai disuruh periksa, atau ditawari return kalau-kalau tidak sesuai atau cacat. Di situ ramahnya mereka, kitapun bisa mempersiapkan uangnya kalau itu COD, jadi nggak tiba-tiba datang ke rumah. Apalagi kalau kita masih kerja atau di jalan, kan repot jadinya, “ujar Bu Yuyun salah seorang ASN di Kota Mentok Kabupaten Bangka Barat.

Keterangan Gbr: Petugas kurir JNE (Ilustrasi).

Ungkapan kepuasan terhadap jasa layanan pengiriman barang oleh JNE tak hanya dirasa oleh masyarakat, bahkan sekelas perusahaan besar di Indonesia pun ikut menikmati.

“Kami memilih JNE karena merupakan perusahaan ekspedisi terbesar di Indonesia dengan jaringan luas yang menjangkau pelosok tanah air. Hal ini sejalan dengan misi kami untuk menjadikan produk Realfood dapat diakses oleh seluruh masyarakat Indonesia, ” Ujar Wiwik Sri Wilujeng, Marketing Direktor Realfood, dalam testimoninya.

“Brand” atau merek terkadang sengaja dibentuk, namun kepercayaan merupakan sebuah anugerah dan ia tak bisa direkayasa. Sebagai perusahaan bisnis, JNE memang menjalankan visi yakni menjadi perusahaan logistik terdepan di negeri sendiri yang berdaya saing global melalui misi memberi pengalaman terbaik kepada pelanggan secara konsisten.

Hal inilah yang mungkin menginspirasi salah seorang Penulis/Pegiat Literasi Maman Suherman yang memaknai PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir dalam 33 tahun melayani masyarakat Indonesia hingga menjadi salah satu perusahaan jasa layanan logistik terkemuka di Indonesia saat ini.
“Rasanya, tidak ada dalam buku teori ekonomi manapun, bahwasannya BERBAGI, MEMBERI, MENYANTUNI adalah kunci sukses sebuah perusahaan bisa bertahan hingga puluhan tahun dan menjadi yang terdepan di lini bisnisnya. Tapi itulah yang telah dibuktikan oleh JNE. Tidak semata “menumpuk” laba, tapi juga “menebar” bahagia hingga mampu bangkit, tegak dan tumbuh bersama, “kata Maman Suherman dalam penilaiannya.

Ungkapan ini sepertinya tak berlebihan apalagi jika dihubungkan dengan semangat dan kreativitas kerja para karyawan terutama abang kurir yang menjadi garda terdepan kepercayaan masyarakat kepada JNE.

Kerja keras para kurir JNE patut diacungi jempol. Nilai-nilai yang diajarkan perusahaan nampak terpatri di hati yang diwujudkan dalam etos dan semangat kerja. Semangat dan Kreatifitas merupakan salah satu kata kunci dalam membangun team work menuju visi-misi perusahaan. Ada kata-kata bijak yakni “Proses tak Pernah Mengkhianati Hasil. ”

Kurir amanah, masyarakat ramah. Inilah kata kunci yang menjadi harmonisasi mengapa kemudian PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir atau JNE dibawah kendali Bapak Mohamad Feriadi selaku President Director saat ini masih tetap eksis. Semoga JNE lewat kurir-kurir yang hebat menjadi bagian yang sehari-hari menemani kehidupan masyarakat Indonesia. Menyala Abang Kurir ku! Tingkatkan lagi semangat kreativitas mu. (*.*)

#JNE
#ConnectingHappiness
#JNE33Tahun
#JNEContentCompetition2024
#GassTerusSemangatKreativitasnya

Editor: Romli