Bupati Mulkan: Peresmian Sentra Lada “Setara” Untuk Tingkatkan Kualiatas dan Minat Masyarakat

by -

FKBNEWS.COM, BANGKA – Bupati Mulkan melakukan peresmian gedung operasional sentra lada” Setara” yang terletak di lingkungan Jelitik Kelurahan Jelitik Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka, Selasa (18/07/2023).

Bupati Mulkan dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan pemerintah.

” Teramakasih kepada semua pihak dan masyarakat yang telah mendukung semua kegiatan yang ada di Kabupaten Bangka, Apapun kegiatannya, Baik dari keagamaan, Sosial,  Budaya dan kegiatan lainnya. Dan tak kalah pentingnya dukungan dari pusat melalui Kementrian Perindustrian dan Perdagangan,sehingga kegiatan pembangunan gedung operasional sentra lada ini dapat terlaksana,” apresiasi Mulkan.

Selain itu kata Mulkan, Untuk meningkatkan kualitas dan membangkit kembali minat masyarakat untuk mengbalikan kejayaan lada seperti dulu lagi dengan berkebun.

” Yang mana selama ini dalam pengolahaan hasil pertanian lada yang merupakan komoditi yang terkenal di bangka belitung, juga dikenal dunia dengan nama white piper(lada putih).selain pengolahan hasilnya kurang memenuhi standar kesehatan lantaran cara pengolahan yang masih tradisional dengan cara perendaman dengan kondisi air yang kurang bersih sehingga masih banyak kuman yang berada di dalam biji lada itu sendiri.

” Oleh karena itu dengan adanya operasional sentra lada ini bisa lebih bersih dan canggih dalam pengolahannya. Tidak hanya mengolah pemisihan biji dari kulitnya saja, Akan tetapi kita bisa memproduksi menjadi tepung juga, Sehingga bisa mendogkrak nilai jual dari lada itu sendiri,” Harap Mulkan.

Di kesempatan yang sama Asep selaku Kadisnaker Perindusteian dan Perdaganggan mengapresiasi Nupati Mulkan atas dukungannya.

” Terimakasih pak Bupati Mulkan atas dukungannya sehingga pembangunan gedung operasional sentra lada” Setara” Bisa terlaksana sehinga kedepannya para petani kita di Kabupaten Bangka ini akan lebih baik lagi kualitas lada serta memberikan nilai yang jual yang lebih tinggi  lagi,” Apresiasi Asep.

Turut hadir pada acara tersebut dari Kemenperindag Direktur Jendral usaha kecil dan menengah Reni Yanita, PJ Gubernur babel, Ketua Komisi 111 DPRD Bangka Hendra Yunus, Kapolres Bangka Taufi Noor Isya, Kajari Bangka, Kepala OPD tamu undangan lainnya.(tami)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *