Menelusuri Keteladanan H Sukirman, BERSANDING AGIK Maju Karena Amanah Bukan Amarah

by -

FKBNews.com, MENTOK, — Periode kepemimpinan H Sukirman-Bong Ming Ming seakan memberi contoh bagi seluruh kandidat calon kepala daerah (cakada) yang akan “bertarung” pada pilkada Bangka Barat tahun 2024-2029, tentang arti komitmen dalam kesetiaan.

Dimata masyarakat, sosok H Sukirman yang merakyat membuatnya sangat bisa diterima di semua kalangan baik tua maupun muda yang mudah mengubah suasana yang tadinya biasa-biasa saja tiba-tiba menjadi hangat dengan kehadirannya. Pribadi ini yang mungkin tak dijumpai pada setiap orang.

Menjadi wakil bupati Bangka Barat periode 2010- 2015, nyatanya H Sukirman bisa membuat nyaman bupati pendampingnya saat itu. Menurut sejumlah kalangan birokrat, hampir tak pernah ada perselisihan manakala keduanya memimpin kabupaten Bangka Barat. Hal ini tak lepas dari sosok H Sukirman yang penurut pandai menghormati rekan bupatinya. Walaupun pada kenyataannya keduanya harus memilih jalan (episode) sendiri karena tuntutan politik pada masa itu.

Memiliki pribadi yang humble (rendah hati, red) menjadikan Sukirman disukai dan dicintai banyak kalangan. Karena jiwanya yang ingin terus berbuat tanpa berharap untuk disukai.

“Kita tidak usah berharap orang menyukai kita, tapi teruslah berbuat untuk menyukai mereka, maka pasti aman dan nyaman. Apalagi pada episode politik. Jangan sekali- kali mudah merasa kecewa, baperan kata-nya, karena akan menyisakan energi negatif, kalau sudah begitu, pasti rugi; karena hatinya terganggu ,emosional, menyalahkan, tanpa bijak mengukur dan koreksi diri.
Alhamdulillah fase itu kalaupun ada sudah lama lenyap dari diri ini. Saya yang penting menjalankan amanah, ” ujar H Sukirman, dikutip dalam suatu obrolan santai kepada awak media yang mewawancarainya, Rabu, (16/9/2024).

Caption: Pasangan BERSANDING AGIK maju pada Pilkada Babar 2024-2029 karena amanah. (Ist).

Ia kemudian menuturkan perjalanan menjadi bupati Bangka Barat dengan pendampingnya wakil Bupati Bong Ming Ming. Meski masa kepemimpinan periode kali ini dinilai sangat singkat.

“Yang memang belum tuntas dari 5 tahun menjadi 3,5 tahun. Dan insyaAllah kami sehat walafiat tetap meng-artikan kompetitor kami sebagai orang-orang baik berasal memang dari teman kami sendiri, ” ujar Sukirman menilai.

Karena itu bupati yang dikenal pandai bernyanyi ini bersama wakil bupati Bong Ming Ming mengucapkan banyak terimakasih terutama atas peran serta kawan-kawan yang dulunya menurut mereka berdua pernah bersama dan berjuang dalam konstestasi pilkada Bangka Barat periode sebelumnya dan berhasil menang.

“Yang dulu bersama kami, maafkan kami tidak dapat memuaskan keinginan kawan-kawan secara pribadi, namun insyaAllah dengan program yang hari ini sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat kita, kawan-kawan pun akan memperoleh amal nya. Saya sampaikan kepada semua tim BERSANDING AGIK, untuk jangan sampai menyerang pasangan lain, apa pun yg dilakukan kepada kita, cukup dijawab dengan data juga kata-kata yang baik, “ucap H Sukirman.

Pada akhir obrolan, H Sukirman mengingatkan kepada tim yang tergabung dalam BERSANDING AGIK juga masyarakat pendukung agar majunya pasangan calon ini karena amanah.

“Ingat BERSANDING AGIK maju dalam rangka menjalankan amanah, bukan sekali-kali karena AMARAH, “pesan H Sukirman. (*.*/Rudy).