Desa Keciput Kabupaten Belitung Menuju Desa Tanggap Hipertensi, Sejumlah Kader Dilatih oleh Dosen dan Mahasiswa DIII Keperawatan Poltekkes Kemenkes

by -
Caption: Pelatihan Kader Desa Tanggap Hipertensi di Desa Keciput oleh Dosen dan Mahasiswi Keperawatan Poltekkes Kemenkes di Belitung. (Ist).

Editor: Rudy

FKBNews.com, SIJUK, — Dalam rangka Desa Keciput Kecamatan Sijuk Kabupaten Belitung menuju Desa Tanggap Hipertensi, sejumlah kader desa dilatih. Pelatihan dilaksanakan oleh Poltekkes Kemenkes melalui Prodi III Keperawatan Belitung sebagai bentuk Program Pengabdian Masyarakat (PPM).

Kegiatan ini dilaksanakan 30 Mei 2023 yang lalu di Desa Keciput bertempat di Rumah Adat Desa Keciput dihadiri sekitar 15 orang peserta.

R Ade Sukarna, sebagai Ketua Pengabdian Kepada Masyarakat Poltekkes Kemenkes mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan Tri Darma yang harus dilaksanakan oleh dosen. Acara kemarin dibuka oleh Nazliansyah, mewakili Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang dan sebagai Tim Pengabdian Masyarakat.

Mimi, perwakilan kader Desa Keciput, mengucapkan rasa terima kasih atas kegiatan tersebut karena dapat membantu pembangunan kesehatan di desa-nya.

Pelaksanaan kegiatan kemarin dimulai dengan pelatihan calon kader. Adapun materi yang diberikan seputaran penyakit Hipertensi yang disampaikan Pengajar Sri Yani, selanjutnya materi Akupresur untuk mengatasi nyeri Hipertensi yang disampaikan Pengajar Monik dan tanaman tradisional untuk mencegah dan menurunkan tekanan darah tinggi yang disampaikan Pengajar Erni.

Usai pemberian materi, Adelia selaku pemandu acara selanjutnya mengarahkan peserta untuk melaksanakan praktikum akupresur.

Setelah pelatihan bersama Tim UPPM Poltekkes Kemenkes yakni Ibu Ratih dan Ibu Mirnawati, dilanjutkan kemudian monitoring yang digelar 18 Juli 2023 dibantu oleh para mahasiswi tingkat akhir Prodi III Keperawatan Poltekkes Kemenkes yakni Adinda Permata Putri, Widya dan Yunia. Kegiatan monitoring ini sebagai bentuk evaluasi kemampuan peserta pelatihan yang selanjutnya akan dibuat rencana tindak lanjut (RDTL)

(Sumber: Prodi DIII Keperawatan Poltekkes Kemenkes Belitung).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *