Aksan Visyawan : KIP Wujudkan Pemerintahan Yang Transparan

by
Anggota DPRD Babel, Aksan Visyawan saat gelar sosialisasi Perda No.6 tahun 2019 trntang Keterbukaan Informasi Publik di kantor BPD Bakem, Minggu (12/12/21).

FKB News, BANGKA – Hak publik atas informasi menjadi sangat penting, pasalnya, semakin terbukanya penyelenggaraan negara untuk diawasi publik maka semakin dapat dipertanggungjawabkan dan transparan.

Demikian disampaikan, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Aksan Visyawan, saat melaksanakan Penyebarluasan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 6 Tahun 2019 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP), di kantor BPD Bakam, Minggu (12/12/2021).

“Peranan penting dalam mewujudkan penyelenggaraan negara yang terbuka adalah merupakan hak publik untuk mengakses informasi sesuai dengan peraturan perundang-undangan,” ujar Aksan politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang duduk di Komisi III DPRD Babel tersebut.

Kegiatan penyebarluasan Perda ini dihadiri puluhan warga masyarakat yang tinggal di Desa Bakam, Kabupaten Bangka.

“Perda KIP ini bertujuan menjamin hak warga negara untuk mengetahui rencana proses pembuatan kebijakan publik, program kebijakan publik, proses pengambilan keputusan publik, dan alasan pengambilan suatu keputusan publik,” papar Aksan.

Sementara itu dikesempatan yang sama, KIP, Kurtis bertindak selaku narasumber mengemukakan, beberapa hambatan yang ada dalam proses pelaksanaan Perda KIP ini.

Diantaranya, Badan Publik yang ada di Babel belum didukung database yang lengkap. Selain itu, masih minimnya Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang dokumentasi dan pelayanan informasi publik.

“Selain faktor SDM, untuk meningkatkan pelayanan informasi publik di Babel dibutuhkan pedoman yang baku, jelas, dan berhasilguna dalam rangka mewujudkan pelayanan informasi publik yang berkualitas di Babel,” kata Kurtis.(setwan).

Leave a Reply

Your email address will not be published.